ONE DAY ONE HADITH
Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasul ﷺ bersabda :
كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا يَقُولُ
اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا
عَذَابَ النَّارِ
Doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah ﷺ adalah Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan
di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka. [HR Muslim]
Catatan Alvers
Sejak kecil lazimnya kita diajarkan untuk membaca doa
sapu jagat yaitu doa Rabbana Atina Dst sebagaimana teks hadits di atas. Kita juga
sering mengamini doa-doa dimana didalamnya terselip doa sapu jagat tersebut
yang ternyata itu adalah doa yang paling sering dibaca oleh Nabi ﷺ bahkan Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata :
لَمْ يَدْعُ نَبِيّ وَلَا صَالِح بِشَيْءٍ
إِلَّا دَخَلَ فِي هَذَا الدُّعَاء
“Tidaklah seorang nabi maupun orang shalih berdoa
melainkan mereka menggunakan doa ini.” [Fathul Bari]
Suatu ketika, Sri Sultan Hamengkubuwono Yogyakarta
pernah mendapat isyarat dalam mimpinya berupa perintah “Carilah doa sapu jagat
kepada kiai yang berdomisili di perkampungan tebu kobong (tebu yang terbakar).”
Karena tidak tahu tempatnya, Sri sultan mencari informasi ke sana kemari hingga
pada akhirnya ia menemukan kiai yang dimaksud dalam mimpi tersebut, yaitu
Hadratussyekh Kyai Hasyim Asy’ari, dan ternyata, perkampungan tebu terbakar
yang dimaksud dalam mimpi tersebut adalah Tebu-ireng yang berada di wilayah
Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Sesampainya di sana, Sri Sultan sowan kepada Kiai
Hasyim dan beliau mengutarakan niat yang jauh-jauh ia pikul dari Yogya sampai
ke Jombang. Sri Sultan bertanya kepada Kiai Hasyim perihal apa itu doa sapu
jagat. Kyai Hasyim berkata : “Setahu
saya, doa sapu jagat yang paling lengkap adalah :
رَبَّنَا
آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ
النَّارِ
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia
dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka" [nu or id]
Doa Sapu jagat artinya doa yang mencakup segala
sesuatu. Kata jagat berarti dunia; alam:
jagat raya; alam semesta; seluruh dunia; [kbbi web id] Jika demikian, masih
kurang tepat doa Rabbana atina dinamakan sapu jagat mengingat doa itu tidak
hanya menyapu bersih semua hajat dunia akan tetapi juga hajat-hajat akhirat. Qadli
‘Iyadl berkata : “Nabi ﷺ sering
berdo’a dengan do’a ini karena pada do’a ini terkumpul makna do’a seluruhnya
baik yang berhubungan dengan perkara dunia dan akhirat. [Fathul Bari]
Ibnu ‘Abbas RA berkata : “Dahulu sekelompok orang arab baduwi
mendatangi tempat wukuf lalu mereka mengucapkan, ‘Ya Allah jadikanlah tahun ini
tahun yang turun hujan banyak, tahun yang subur, tahun dimana terlahir anak
yang baik’. Mereka tidak menyebutkan perkara yang berhubungan dengan akhirat
sedikitpun. Kemudian Allah menurunkan ayat ini :
فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا
اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آَبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ
يَقُولُ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآَخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ
“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu,
maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut
(membangga-banggakan) nenek moyangmu atau (bahkan) berdzikirlah lebih dari itu.
Maka di antara manusia ada orang yang bendoa, “Ya Robb kami, berilah kami
(kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di
akhirat”. [QS Al-Baqarah : 200]
Anas bin Malik RA berkata : Rasulullah ﷺ pernah
membesuk seorang dari kaum muslimin, (yang keadaannya) sungguh lemah sehingga
seperti (lemahnya) anak burung. Setelah itu Rasulullah ﷺ berkata
kepadanya: ‘apakah kamu pernah berdoa dengan sesuatu ?’ Ia menjawab : ‘iya, aku
pernah berdoa:
اللَّهُمَّ مَا كُنْتَ مُعَاقِبِي بِهِ فِي
الْآخِرَةِ فَعَجِّلْهُ لِي فِي الدُّنْيَا
‘Ya Allah dosa yang akan engkau hukum diriku
dengannya kelak di Akhirat maka segerakanlah untukku di dunia.’
Maka Rasulullah ﷺ bersabda:
“Subhanallah kamu tidak akan sanggup, mengapa kamu tidak bedoa:
اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
‘Ya Allah berikanlah kami di dunia kebaikan dan di
akhirat kebaikan dan jagalah kami dari siksa Neraka?’.
Anas berkata: kemudian Nabi berdoa untuknya
sehingga ia sembuh.” [HR Muslim]
Begitu dahsyatnya doa sapu jagat ini sehingga mencakup
semua apa yang diminta manusia termasuk kita. Para ulama memiliki tafsir yang
bermacam-macam atas maksud hasanah dalam doa sapu jagat ini. Sayyidina Ali KW berkata
:
الْحَسَنَةُ فِي الدُّنْيَا المَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
، وَفِي الْآخِرَةِ الْحَوْرَاءُ . وَعَذَابُ النَّارِ الْمَرْأَةُ السُّوْءُ
kebaikan di dunia maksudnya adalah istri yang
shalihah, dan kebaikan di akhirat adalah para bidadari sedangkan siksa neraka
adalah istri yang berperangai buruk atau cerewet. [Tafsir al-Baydlawi]
Dan Al-Hasan Al-Bashri memiliki pendapat lain, Ia
mengatakan
الْحَسَنَةُ فِي الدُّنْيَا الْعِلْمُ وَالْعِبَادَةُ
، وَفِي الْآخِرَةِ الْجَنَّةُ . وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ مَعْنَاهُ اِحْفَظْنَا مِنَ
الشَّهَوَاتِ وَالذُّنُوْبِ وَالْمُؤَدِّيَةِ إِلىَ النَّارِ
Kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah. Kebaikan
di akhirat adalah surga. Sedangkan maksud doa “peliharalah kami dari siksa
neraka” adalah jagalah kami dari syahwat dan dosa yang mentebabkan kami masuk
neraka. [Tafsir al-Baydlawi]
As-Suddi, Seorang ulama tasfir terkemuka darikalangan
tabiin yang wafat tahun 127 H berkata :
أَمَّا حَسَنَةُ الدُّنْيَا فَالْمَالُ، وَأَمَّا
حَسَنَةُ الْآخِرَةِ فَالْجَنَّةُ
Adapun yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah
harta sedangkan kebaikan akhirat adalah surga [Tafsir Ath-Thabari]
Qasim bin Abdir Rahman (bin Abdullah bin Mas’ud)
berkata:
مَنْ أُعْطِيَ قَلْبًا شَاكِرًا، وَلِسَانًا ذَاكِرًا،
وَجَسَدًا صَابِرًا، فَقَدْ أُوتِيَ فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً،
وَوُقِيَ عَذَابَ النَّارِ
Barang siapa diangugerahi hati yang bersyukur,
lisan yang berdzikir, badan yang sabar maka sungguh ia telah dianugerahi kebaikan
dunia akhirat dan dijaga dari adzab neraka. [Tafsir Ibnu Katsir]
Anas bin Malik RA berkata :
إِذَا آتَاكُمُ اللهُ فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً،
وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَوَقَاكُمْ عَذَابَ النَّارِ فَقَدْ آتَاكُمُ الْخَيْرَ
كُلَّهُ
Jika Allah menganugerahi kepada kalian kebaikan
dunia dan kebaikan akhirat serta menghidarkan kalian dari adzab neraka maka Allah telah
menganugerahkan semua kebaikan kepada kalian. [Tafsir Ibnu Katsir]
Imam Nawawi berkata :
وَأَظْهَرُ الْأَقْوَال فِي تَفْسِير
الْحَسَنَة فِي الدُّنْيَا أَنَّهَا الْعِبَادَة وَالْعَافِيَة ، وَفِي الْآخِرَة
الْجَنَّة وَالْمَغْفِرَة
“Pendapat yang lebih jelas mengenai tafsiran
‘kebaikan di dunia’ adalah ibadah dan ‘afiyah (kesehatan). Sedangkan ‘kebaikan
di akhirat’ adalah surga dan ampunan Allah. [Syarh Shahih Muslim]
Ibnu Katsir berkata :
فَجَمَعَتْ هَذِهِ الدَّعْوَةُ كُلَّ خَيْرٍ فِي
الدُّنْيَا وَصَرَفَتْ كُلَّ شَرٍّ
Doa ini mengumpulkan semua kebaikan dunia dan memalingkan
semua kejelekan [Tafsir Ibnu Katsir]
Lalu Ibnu Katsir memberikan perinciannya :
فإنَّ الْحَسَنَةَ فِي الدُّنْيَا تَشْمُلُ كُلَّ
مَطْلُوْبٍ دُنْيَوِيٍّ
“Hasanah” (kebaikan) di dunia mencakup semua target
duniawi”
seperti nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang
penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal shalih,
kendaraan yang nyaman, nama baik serta kebaikan-kebaikan lainnya....Adapun
“Hasanah” (kebaikan) di akhirat adalah masuk surga, bebas dari rasa takut, diberi
kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat, serta berbagai kebaikan
akhirat lainnya. Adapun “diselamatkan dari siksa neraka” artinya agar kita
dipermudah untuk menjauh dari berbagai sebab (perbuatan) yang menjerumuskan
kita ke dalam neraka seperti menjauhi dan meninggalkan perbuatan haram dan
syubhat. [Tafsir Ibnu Katsir]
Dari dahsyatnya makna doa sapu jagat maka tak heran
jika Rasul ﷺ sering melantunkan doa tersebut. Qatadah bertanya: Doa apa yang
paling sering dibaca oleh Rasul ﷺ? Maka Anas bin Malik menjawab
sebagaimana hadits di atas : Doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah ﷺ adalah “Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan
kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka”. Dan Anas bin Malik
RA yang meriwayatkan doa ini juga mempraktekkannya. Qatadah RA menceritakan :
وَكَانَ أَنَسٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ
بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا
فِيهِ
“Jika Anas RA hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan
doa tersebut. Dan jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun
menyisipkan doa tersebut di dalamnya.” [HR Muslim]
Wallahu A’lam.
Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk terus berdoa sesuai
ajaran Nabi ﷺ dan mendapatkan
kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat.
Salam Satu Hadits
Dr.H.Fathul
Bari.,SS.,M.Ag
Pondok Pesantren
Wisata
AN-NUR 2 Malang
Jatim
Ngaji dan Belajar
Berasa di tempat Wisata
Ayo Mondok! Mondok
Itu Keren!
NB.
“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan
Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada supaya sabda Nabi ﷺ
menghiasi dunia maya dan menjadi amal jariyah kita semua.
0 komentar:
Post a Comment